5 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Social Media Marketing Plan

 

social media marketing
Sumber Gambar-Safashop.id

1. Apa yang Ingin Kita Dapatkan dari Social Media

Saat membuat perencanaan social media marketing kita harus tentukan tujuan kita menggunakan social media. Banyak sekali cara dan fungsi dari menggunakan social media, bisa untuk memperluas exposure mereknya, untuk mempromosikan produk baru, untuk berinteraksi dan membangun relasi dengan konsumen, ataupun sebagai channel customer service.

2. Siapakah yang akan Meng-handle Akun Social Media Kita Tersebut

Saat akan memanfaatkan social media sebagai salah satu channel marketing bisnis kita, tentunya kita juga harus menentukan siapakah yang akan meng-handle-nya. Jika usaha kita masih kecil dan masih merintis bahkan modal juga masih sedikit untuk membayar orang meng-handle, maka menjalankan sendiri akun tersebut tidak apa – apa.

Akan tetapi jangan terlalu lama hal tersebut dilakukan, Sebab manusia akan kaya skill dan kemampuan, Oleh karena itu sebagai pemilik bisnis tugas kita bukan hanya menjalankan akun social media melainkan juga memikirkan pengembangan bisnis. 

Maka dari itu, kita sebagai pebisnis harus siap dana dan ide lebih untuk bisa membayar orang yang khusus melaksanakan social media marketing.

3. Social Media Apa Saja yang akan Kita Gunakan

Saat membuat perencanaan social media marketing, kita harus menentukan akun social media apa saja yang akan kita gunakan. Untuk hal ini kita sebagai pebisnis jika belum mempunyai tim khusus untuk meng-handle social media, maka pilihlah social media yang paling banyak calon konsumen kita berada.

4. Apa Saja yang akan Kita Post di Akun Social Media Tersebut

Setiap calon pengguna social media memiliki karakteristik yang berbeda – beda untuk konten yang dapat menarik perhatian para konsumen. Contohnya adalah Facebook,Dengan  Facebook konten yang dibuat dengan gambar dapat menghasilkan engagement yang lebih baik dibandingkan jenis konten yang lainnya.

Maka dari itu, konten yang biasanya berhasil di suatu social media belum tentu berhasil di social media lainnya.

5. Bagaimana Cara Mengukur Efektivitas Strategi Social Media Marketing yang Kita Lakukan

Pengukuran efektivitas strategi social media marketing yang kita jalankan sangatlah penting untuk dilakukan. Strategi pengukuran dilakukan supaya kita bisa mengetahui apakah strategi yang kita jalankan berhasil atau tidak.

Untuk konten di Facebook, kita bisa melakukan pengukuran efektivitas social media dengan menggunakan fitur insight yang ada di fanspage facebook kita. Sedangkan pada aplikasi Twitter, kita bisa menggunakan beberapa trik untuk melakukan pengukuran seperti, twittercounter.com untuk mengukur pertambahan follower dan twtrland.com untuk mengukur demografi follower.


Posting Komentar untuk "5 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Social Media Marketing Plan"